Jasa cargo Indonesia

4 Komoditi Indonesia Yang Menjadi Andalan Di Luar Negeri

Jasa cargo Indonesia selalu mengirimkan berbagai jenis barang lokal ke luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa banyak sekali potensi ekspor yang dimiliki oleh negara Indonesia. Akan tetapi masih banyak sekali masyarakat lokal yang kurang ter edukasi tentang bagaimana potensi, regulasi dan pasar yang bisa kita manfaatkan di luar negeri. Padahal dengan melakukan ekspor selain bisa menambah cadangan devisa negara, para eksportir otomatis membantu menambah kesejahteraan yang dimiliki oleh pengusaha lokal juga menambah lapangan pekerjaan, oleh sebab itu ekspor merupakan salah satu kegiatan dagang yang cukup baik untuk di lakukan. Untuk kamu yang ingin terjun ke dunia ini, informasi di bawah mungkin sedikit banyak akan membantu kamu untuk melihat bagaimana potensi dan pasar ekspor di luar sana.

Macam-Macam Komoditi Indonesia yang Ramai di Pasar Luar Negeri

1. Kelapa Sawit

Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis memiliki beberapa pohon dan tumbuhan yang tidak bisa tumbuh di luar sana salah satunya adalah kelapa. Kelapa menjadi produk primadona negara Indonesia untuk pasar luar negeri karena buah yang dihasilkan memang cukup berkualitas. Kelapa sawit juga merupakan salah satu jenis kelapa yang paling banyak di cari di luar sana. Dan Indonesia sendiri juga telah menjadi aktor yang mendominasi pasar minyak sawit yang ada di negara-negara lain dimana hingga 31 juta ton per tahunnya.

 

2. Beras

Termasuk dari pada negeri agraris Indonesia juga merupakan salah satu penyedia beras yang cukup populer di dunia. Di dunia sendiri kebutuhan beras mencapai 774 juta ton, yang mana diantaranya 10% telah dipenuhi oleh Indonesia yaitu kisaran 70,7 juta ton.  Akan tetapi dengan kapasitas beras yang mampu di produksi oleh petani Indonesia saat ini, pemerintah sedang memproteksi beras karena memprioritaskan produksi untuk dalam negeri.

 

3. Batu Bara

Banyak negara luar yang membutuhkan dan menginginkan batu bara yang berasal dari Indonesia. Kalimantan yang menjadi salah satu kota penyedia batu bara terbesar sudah berkontribusi untuk memberikan devisa negara dengan memproduksi batu bara sekitar 281 juta ton minyak bumi yang saat ini sekitar 7,2 persen dari total produksi batu bara di dunia. Saat ini India sudah menggeser posisi negara China sebagai importir batu bara terbesar.

 

 

4. Kakao

Indonesia juga merupakan penghasil biji kakao yang cukup ternama. Biji kakao yang berasal dari Indonesia dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk coklat olahan seperti bubuk kakao, coklat batang, sebagai perasa dan lain sebagainya. Kota yang menjadi produsen biji kakao Indonesia ke negara asing adalah Sulawesi dan Sumatera dan sudah menjadi produk primadona Indonesia sejak lama. Bahkan Indonesia saat ini sudah menjadi produsen terbesar ketiga di dunia.

Negara yang memiliki transaksi ekspor dan impor yang seimbang otomatis juga akan memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik pula. Oleh sebab itu mari kita bantu UMKM dan pedagang lokal Indonesia untuk bisa memasarkan produk mereka ke ranah dunia. Jangan lupa untuk menyediakan rekening deposito BCA untuk alat pembayaran.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *